Tuesday 26 May 2015

Prefixes dan suffixes






Beberapa morfem seperti boys, desire, gentle, dan man merupakan kata oleh mereka sendiri. Morfem lain seperti -is, -ness,  -ly, dis-, trans-,  dan un- bukan kata tapi selealu menjadi bagian dari kata. Sehingga, un- seperti pre- (prefix, predetermine, prejudge, prearrage) dan bi- (bipolar, bisexual, bivalve); itu hanya ada sebelum morfem yang lainnuya. Morfem tersebut disebut prexfixes.
Prefixing tersebar sangat luas dalam bahasa di dunia. Dalam bahasa Isthmus  Zapotee, contohnya, kata morfem jamak ka- adalah prefix:
Zigi                  “chin”                          kazigi                           “chins”
Zike                 “shoulder”                   kazike                          “shoulders”
Diaga               “ear”                            kadiaga                        “ears”
Morfem yang lain terjadi hanya sebagai suffixes, mengikuti morfem lain. Contoh dalam bahasa inggris dari morfem suffix adalah –er (seperti dalam singer, performer, reader, dan beautifier).
Morfem prefix dan suffix ini termasuk bound morfem karena mereka tidak bisa terjadi tanpa terikat, jelas berbeda dari free morfem seperti man, sick, spectacle, friend, dan seterusnya.
Morfem adalah unit terkecil dalam linguistik di semua bahasa.
Infixes
Beberapa bahasa juga memiliki infixes, morfem yang disisipkan kedalam morfem lain bontoc, bahasa yang di lapalkan dalam bahasa filipina, seperti bahasa, seperti yang di ilustrasikan sebagai berikut:
Nouns/Adjectives                               Verbs
Fikas                “strong”                       fikas                “to be strong”
Kilad               “red”                           kumilad            “to be red”
Dalam bahasa filipina infix –um- dimasukkan setelah konsonan pertama dari kata benda atau kata sifa. Sehingga, pembicara Bontoc yang belajar bahwa maksud pusi “poor,” akan memahami makna dari pumusi, “to be poor,” dalam mendegarkan kata  untuk pertama. Sama halnya seperti seseorang berbicara bahasa Inggris yang belajar mengenai kata kerja sneet akan tahu bahwa sneeter adalah seseorang yang sneets, seorang pembicara Bontoc yang tahu bahwa ngumitad artinya “to be dark” akan tahu bahwa kata sifat “dark” pasti ngitad.
Bahasa inggris memiliki set infixes yang sangat terbatas. English infixing adalah daftar mata kuliah linguistik, sebuah grup diskusi di internet, pada November 1993. Dan lagi pada juli 1996. Yang menarik dalam infixes dalam bahasa inggris mungkin hak untuk mendapatkan fakta bahwa sesuatu yang hanya kecarutan infix sebagai kata penuh yang dimasukkan kedalam kata lain, biasanya kedalam kata sifat ataus kata keterangan. Infix yang paling umum di Amerika adalah kata fuckin dan semua penekanan untuk itu, seperti friggin, freakin, flippin, atau fuggin seperti dalam abso – fuggin - lutely atau kalama + flippin + zoo. Di britania, infix umum adalah bloody, sebuah istilah kecarutan dalam bahasa inggris british, dan penekanannya, seperti bloomin. Di dalam film dan panggung musik My Fair Lady, abso + bloonin + lutely ada dalam satu buah lagu dinyanyikan oleh Doolittle.
Circumfixes
Beberapa bahasa memiliki circumfixes, morfem yang ditempeli ke root atau stem morfem baik diawal maupun diakhir. Ini seing disebut discontinuous morfem. Di Chikasaw, bahasa Muskogean diutarakan di Oklahoma, kata negatif dibentuk dengan menggunakan baik prefix ik- maupun suffix –o. Vowel terakhir affirmative  dihapus sebelum suffix negatif ditambahkan. Contoh circumfix adalah:
Affirmative                                         negatif
Chokma           “he is good”                ik + chokm + o            “he isn’t good”
Lakna              “it is yellow”               ik + chokm + o            “it isn’t yellow”
Palli                 “ it is hot”                    ik + pall + o                 “it isn’t hot”
Tiwwi              “he opens (it)”             ik + tiww + o “            he doesn’t open (it)”
Contoh yang lebih tidak asing dalam circumfix adalah bahasa jerman. Kata kerja ketiga dari kata kerja reguler di bentuk dengan menambahkan prefix ge- dan suffix –t ke root kata kerja. Circumfix ini ditambahkan ke roor kata kerja lieb “love” membentuk geliebt, “loved” (atau “beloved,” ketika digunakan dalam kata sifat).

No comments:

Post a Comment

Selalu

Ku terpesona oleh kilauanmu Di saat pertama ku melihatmu Yang akhirnya aku inginkan dirimu Tanpa tersadari waktu telah berlalu Sebulan,...